Search

Singapura Mulai Larang Iklan Minuman Manis & Soda, Kenapa? - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Singapura akan menjadi negara pertama di dunia yang melarang iklan minuman kemasan dengan kadar gula sangat tinggi. Hal ini dilakukan dalam rangka melawan diabetes.

Larangan iklan minuman manis mencakup seluruh platform media massa dan kanal online seperti televisi, internet, surat kabar, radio, dan iklan luar ruangan atau papan reklame. Aturan tersebut berlaku pada minuman manis dalam kemasan botol, paket, dan kaleng. Ini termasuk minuman instan, minuman berkarbonasi, jus, minuman susu fermentasi, dan yogurt.

Selain itu, juga wajib bagi perusahaan minuman dengan kadar gula sedang hingga tinggi untuk menuliskan label "Tidak Sehat" di bagian depan kemasan untuk menandakan bahwa minuman tersebut mengandung gula dan tidak sehat.


Kementerian Kesehatan Singapura menyatakan, label dengan pembeda warna akan menunjukkan jika minuman tersebut sehat, netral, atau tidak sehat. Label tersebut juga disertai informasi kadar gula dan persentase rasio gula di dalam minuman.
Singapura Mulai Larang Iklan Minuman Manis & Soda, Kenapa?Foto: Rain Vortex setinggi 40 meter, yang merupakan air terjun indoor tertinggi di dunia, terlihat dari dalam Bandara Jewel Changi di Singapura, 11 April 2019. (REUTERS / Feline Lim)

Label paket depan akan diberi kode warna dan menunjukkan nilai untuk menunjukkan apakah minuman itu sehat, netral atau tidak sehat. Label hanya akan wajib untuk minuman yang diklasifikasikan tidak sehat. Namun label tersebut juga dapat digunakan untuk mempromosikan minuman yang lebih sehat.

Lebih dari 30 negara telah memperkenalkan label semacam itu, dengan sukses besar. Di Chile, penjualan minuman dengan label tidak sehat turun 25 persen setelah 1,5 tahun.

Dilansir dari The Strait Times, rincian aturan minuman manis ini akan segera diumumkan pada tahun 2020 mendatang.

Menteri Negara Senior untuk Bidang Kesehatan Edwin Tong menyatakan, tujuan aturan dan pelarangan tersebut untuk memberikan pilihan yang ter-informasi dengan baik, menurunkan pengaruh iklan, dan mendorong produsen menurunkan kadar gula dalam minuman manis.

Sebab diabetes kini menjadi permasalahan pelik di Singapura. Survei yang dilakukan pada 2018 lalu menunjukkan rata-rata warga Singapura mengonsumsi 12 sendok teh atau 60 gram gula dalam sehari.

Dari angka itu, separuhnya berasal dari minuman manis dalam kemasan. "Ini menjadi kekhawatiran, karena secara rata-rata, tambahan sajian minuman manis sebesar 250 ml per hari akan menambah risiko diabetes hingga 26 persen," ujar Tong.

Tong juga mengatakan produsen minuman sehat dihimbau untuk menggunakan label guna membantu konsumen memutuskan untuk mengkonsumsi minuman tersebut atau tidak.

"Di bawah label ringkasan nutrisi baru, SSB yang lebih sehat dapat menerima tingkat positif, dan kami membiarkannya sebagai pilihan bagi produsen apakah mereka ingin produk mereka menggunakan label tersebut atau tidak," ujarnya.

Langkah ini adalah bagian dari perang melawan diabetes, yang merupakan masalah kesehatan utama di Singapura. Sebuah survei tahun lalu menemukan bahwa lebih dari setengah sendok makan gula yang dikonsumsi orang di sini setiap hari berasal dari minuman manis kemasan.

"Ini adalah kekhawatiran karena meminum 250ml SSB tambahan setiap hari meningkatkan risiko diabetes hingga 26 persen," imbuhnya.

Terlepas dari anjuran untuk mengurangi kadar gula, pembuat minuman kadar gula sedang hingga tinggi tidak mengurangi rata-rata lima sendok teh per 250 ml dalam dekade terakhir. Beberapa minuman yang dimaniskan dengan gula memiliki delapan sendok teh gula per 250ml. Minuman tinggi gula paling populer, terhitung setengah dari semua minuman manis yang dijual di sini.

Desember lalu, Departemen Kesehatan (Depkes) dan Badan Promosi Kesehatan Singapura memulai konsultasi publik selama delapan minggu tentang cara mengurangi asupan gula dari minuman manis.

Mereka mengusulkan empat langkah, yaitu label wajib depan kemasan, peraturan periklanan, pajak gula dan larangan minuman kemasan gula tinggi. Penggunaan label wajib menerima dukungan tertinggi, dengan 84 persen lebih dari 4.000 responden mendukungnya.

Tong juga mengatakan kepada media bahwa Depkes melihat bagaimana gula dalam minuman yang sedang hits, seperti bubble tea dan minuman di gerai makanan cepat saji, dapat diatur. Ada kekhawatiran bahwa konsumen mungkin hanya mengganti minuman yang dimaniskan gula dengan minuman tinggi gula yang baru disiapkan.

(dru)

Let's block ads! (Why?)

https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20191014131851-33-106785/singapura-mulai-larang-iklan-minuman-manis-soda-kenapa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Singapura Mulai Larang Iklan Minuman Manis & Soda, Kenapa? - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.