Search

Minuman Sehat Teh Hijau, Kopi Hijau, dan Matcha, Mana Paling Bagus? - Detikcom

Jakarta - Teh hijau, kopi hijau, dan matcha tergolong minuman sehat yang punya banyak penggemar. Dari tiga minuman sehat tersebut, mana yang paling bagus?

Minuman sehat banyak jenisnya mulai dari air putih, teh, hingga kopi. Selain itu ada pula tiga minuman sehat yang memiliki unsur warna hijau yaitu teh hijau, kopi hijau, dan matcha.

Ketiga minuman sehat tersebut memang sudah terbukti dapat memberikan efek menyehatkan untuk tubuh. Apalagi ketiganya memiliki zat antioksidan yang sangat baik dalam menjaga metabolisme pada tubuh.

Teh hijau, kopi hijau, dan matcha juga merupakan minuman sehat yang populer di kalangan para pelaku diet. Minuman sehat inipun biasa konsumsi sehari-hari.

Dilansir dari Times of India (06/12), ketiga minuman ini memang telah terbukti memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun untuk mengetahui secara lebih detail, berikut informasinya.

Baca Juga: Mana Lebih Sehat, Teh Hijau atau Teh Putih?

1. Teh Hijau

Minuman Sehat Teh Hijau, Kopi Hijau, dan Matcha, Mana Paling Bagus?Foto: iStock

Teh hijau merupakan teh herbal yang terbuat dari daun tanaman Camellia Sinensis. Teh hijau dipetik lalu melalui proses pemanasan untuk mencegah adanya oksidasi. Minuman sehat ini sangat populer di kawasan Asia, apalagi untuk negara Jepang, China, Taiwan, dan lainnya. Namun saat ini teh hijau juga sangat populer di seluruh dunia.

Teh hijau sangat terkenal karena mengandung zat antioksidan yang tinggi, dan dapat membantu metabolisme tubuh bekerja dengan baik. Teh yang berasal dari China ini juga dikenal memiliki zat anti-inflamasi serta memiliki sejumlah kafein yang dibutuhka manusia. Kafein yang terkandung pada teh hijau sekitar 32 miligram.

Minuman ini direkomendasikan bagi banyak orang karena dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan kesehatan jantung. Banyak penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi teh hijau dapat meningkatkan pembakaran lemak yang hasilnya dapat menurunkan berat badan.

2. Kopi Hijau

Minuman Sehat Teh Hijau, Kopi Hijau, dan Matcha, Mana Paling Bagus?Foto: iStock

Kopi hijau merupakan kopi yang tidak melalui proses pemanggangan. Jadi biji kopi yang dipanen tersebut dikupas dan langsung diseduh sebagai minuman yang mirip dengan teh. Kopi hijau sudah ada sejak zaman dahulu saat proses pemanggangan belum diterapkan, namun minuman sehat ini baru populer belakangan ini.

Biji kopi yang tidak dipanggang ini memiliki asam klorogenat yang dapat membantu sehatkan tubuh. Diantaranya dapat membantu metabolisme pada tubuh, menekan gula darah, membantu membakar lemak pada tubuh, serta menurunkan tekanan darah. Dibanding kopi hitam biasa, kopi hijau ini kandungan kafeinnya lebih rendah yaitu hanya sekitar 14-60 miligram per cangkirnya, sedangkan kopi hitam biasa mencapai 100 miligram per cangkir.

Baca Juga: Mengenal Kopi Hijau dengan Segudang Manfaat

3. Matcha

Minuman Sehat Teh Hijau, Kopi Hijau, dan Matcha, Mana Paling Bagus?Foto: iStock

Sama-sama memiliki unsur hijau, matcha yang berasal dari teh hijau ini juga masuk ke dalam minuman sehat. Terbuat dari teh hijau yang digiling sampai halus seperti tepung. Minuman matcha sangat populer di Jepang, tak hanya diminum namun matcha ini juga diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti mochi, soba, es krim, cokelat, dan makanan lainnya.

Aroma dan cita rasa matcha yang khas membuat minuman sehat ini banyak disukai. Walaupun terbuat dari teh hijau yang digiling, matcha memiliki nilai gizi dan antioksidan yang lebih besar. Tingkat kafein pada matcha juga lebih besar dibandingkan teh hijau, yaitu 68 miligram kafein dimiliki oleh matcha sementara teh hijau hanya memiliki 32 miligram. Kandungan kafein yang tinggi ini dapat meningkatkan metabolisme dan daya tahan tubuh.

Setelah melihat penjelasan ketiga minuman sehat di atas, dapat disimpulkan kalau minuman jenis teh lebih unggul dan lebih sehat. Apalagi untuk matcha yang memiliki tingkat oksidan paling tinggi. Namun ini tergantung pada selera Anda lebih menyukai minuman sehat yang seperti apa.

Simak Video "Begini Jadinya Jika Ikan Bandeng Diolah Jadi Kue Modern"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Let's block ads! (Why?)

https://food.detik.com/info-sehat/d-4849640/minuman-sehat-teh-hijau-kopi-hijau-dan-matcha-mana-paling-bagus

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Minuman Sehat Teh Hijau, Kopi Hijau, dan Matcha, Mana Paling Bagus? - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.