Search

Hati-hati Konsumsi Gorengan dan Minuman Es saat Berbuka Puasa, Ini Alasannya - Tribun Kaltim

 TRIBUNKALTIM.CO-Bagi yang berpuasa, berbuka puasa  merupakan waktu yang sangat ditunggu-tunggu. Selain bisa makan juga minum.

Bahkan tak jarang bagi yang berpuasa, sejak siang sudah membayangkan makanan dan minuman pertama yang akan dikonsumsi saat berbuka puasa.

Namun mungkin mereka tidak paham atau tak mengetahui, bila berbuka puasa tak boleh sembarangan minum termasuk minuman es. Minuman es merupakan yang paling difavoritkan saat berbuka puasa.

Padahal minuman es tak  baik dikonsumsi setelah berpuasa seharian. 

 Ketua Program Studi Doktor Fakultas Kedokteran UIDr dr Saptawati Bardosono, MSc, mengatakan, minuman yang  paling baik diminum saat berbuka puasa adalah air dengan suhu yang sama dengan suhu tubuh.

"Sesungguhnya saat berpuasa itu yang terkuras itu energi dan air, maka begitu berbuka puasa seharusnya minum air yang sesuai dengan suhu tubuh  kita," katanya .

Ia mengingatkan, bila saat berbuka puasa banyak mengkonsumsi  makanan manis maka seseorang akan merasa kenyang dan akhirnya malas untuk mengkonsumsi makanan berat seperti nasi.

Padahal selain gula, tubuh sangat memerlukan karbohidrat, protein, serat, ataupun zat-zat lain yang berguna bagi metabolisme tubuh.

Selain itu, ia menjelaskan, mengkonsumsi gorengan saat berbuka puasa juga bukan masalah , namun asal tak berlebihan.

"Yang penting hangab terlalu  banyak konsumsi gorengan," kata Saptawati. Untuk itu, Ia menyarankan, pada saat berbuka puasa agar  mengkonsumsi satu gelas teh hangat dengan sedikit kolak.

Let's block ads! (Why?)

http://kaltim.tribunnews.com/2019/05/13/hati-hati-konsumsi-gorengan-dan-minuman-es-saat-berbuka-puasa-ini-alasannya

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hati-hati Konsumsi Gorengan dan Minuman Es saat Berbuka Puasa, Ini Alasannya - Tribun Kaltim"

Post a Comment

Powered by Blogger.