Search

Teh Talua, Minuman Favorit Para Perantau dan Kaum Millennial Minangkabau - Merah Putih

RANAH Minang merupakan daerah dengan sejuta makanan dan minuman khas tradisional. Tak sedikit makanan dan minuman yang lahir di sini menjadi primadona santapan Nusantara, bahkan digemari dunia. Salah satu minuman yang sangat populer dan nikmat dari daerah ini ialah teh talua atau teh telur.

Sampai saat ini, minuman teh talua masih menjadi yang terlaris di lapau (kedai) yang ada di Sumatra Barat. Meski merupakan minuman tradisional, teh talua sangat digemari kaum millennial Minangkabau. Banyak dari mereka yang nongkrong di lapau hanya untuk menikmati nikmatnya segelas teh talua.

Tak hanya di Ranah Minang, warung yang menyediakan teh talua mulai tumbuh di rantau atau kota-kota di luar Minangkabau. Bisa dikatakan minuman teh talua sebagai cappucino-nya Ranah Minang.

1. Cara membuat teh talua

Teh talua yang baru akan di buat. (Foto/wiranurmansyah.com)
Teh talua yang baru akan di buat. (Foto/wiranurmansyah.com)

Untuk membuat segelas teh talua, kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan dan peralatan sederhana. Sebuah gelas digunakan untuk mengadon dan menyajikan teh talua kepada pelanggan. Gelas kaca sangat disarankan agar aroma dan citarasa teh talua tak berubah.

Sebuah alat pengocok telor. Di Minangkabau, alat yang biasa digunakan untuk mengocok kuning telur ialah lidi yang diikat menjadi kesatuan. Panjangnya sekira sejengkal. Seiring berkembangnya zaman, ada juga yang menggunakan mixer sebagai pengocok. Namun, sebagian penikmat kurang menyukai teh talua yang dikocok dengan mixer.

2. Bahan-Bahan yang diperlukan untuk segelas teh talua

 Teh Talua minuman khas Minangkabau. (Instagram/@sigadih_minang)
Teh Talua minuman khas Minangkabau. (Instagram/@sigadih_minang)
  • Satu butir kuning telur ayam kampung/bebek
  • Satu sendok makan gula pasir
  • Satu sachet susu kental manis
  • Setengah sendok teh cokelat bubuk
  • Satu gelas air
  • Tiga sendok makan teh serbuk
  • Sedikit pinang muda yang telah digiling (sebagai penambah rasa)
  • Sedikit perasan jeruk nipis (bertujuan mengurangi bau amis telur)

3. Langkah pengadonan teh talua

Teh Talua sudah jadi. (Foto/piszamcm2ada.blogspot.com)
Teh Talua sudah jadi. (Foto/piszamcm2ada.blogspot.com)

Pisahkan kuning telor yang telah disediakan, dan masukkan ke gelas. Kemudian tambahkan dua sendok gula pasir. Kocok keduanya dengan alat yang telah disediakan tadi selama 15 menit, atau sampai adonan agak mengental.

Sembari mengocok adonan, panaskan air dengan teh serbuk hingga mendidih. Kemudian, siramkan teh yang telah dipanaskan menggunakan penyaring teh ke dalam gelas adonan yang selesai dikocok. Untuk menambah nikmat rasa, masukkan susu kental manis dan sedikit bubuk pinang muda yang sudah di tumbuk.

Setelah itu, peraskan sedikit jeruk nipis, agar bau amis yang ada pada telor hilang. Jika semua sudah dilaksanakan, aduklah teh talua dan selamat menikmati minuman khas tradisional Minangkabau yang satu ini.

4. Cara alternatif untuk menikmati teh talua

Teh Talua siap serumput. (Foto/bisniswisata.co.id)
Teh Talua siap serumput. (Foto/bisniswisata.co.id)

Jika kamu tak terbiasa membuat makanan, tapi pengen banget menikmati teh talua. Jangan khawatir, kedai teh telur sudah banyak tumbuh baik di daerah asalnya ataupun di kota besar. Kamu cukup mengunjungi kedai dan memesannya. Di Jakarta, kamu bisa menemui teh talua di kafe-kafe khas Minang. (*)

Let's block ads! (Why?)

https://merahputih.com/post/read/teh-talua-minuman-favorit-para-perantau-dan-kaum-millennial-minangkabau

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Teh Talua, Minuman Favorit Para Perantau dan Kaum Millennial Minangkabau - Merah Putih"

Post a Comment

Powered by Blogger.