Search

Es Jendol Viral! Minuman Khas Sunda Indonesia Ini Masuk 50 Makanan Penutup Wakili Singapura - Tribun Pontianak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Beragam kuliner bisa ditemukan  di Indonesia, setiap daerah akan memiliki makanan atau minuman khasnya tersendiri.

Saat ini lagi ramai es cendol ternyata dikategorikan sebagai minuman asal Singapura, berdasarkan kategori dari CNN International yang merilis daftar makanan penutup atau manis terbaik di dunia.

Padahal, minuman ini bisa dengan mudah ditemukan dijual oleh pedagang pinggir jalan dengan harga Rp 5 ribu per gelas di Indonesia.

Dirilis dari Wikipedia Es Cendol merupakan minuman khas Sunda yang dahulunya terbuat dari tepung hunkwe, namun kini cendol terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merahcair dan santan.

Rasa minuman ini manis dan gurih. Di daerah Sunda minuman ini dikenal dengan nama cendol sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet.

Baca: Unggah Kisah Bocah Penjual Es Cendol Hingga Viral, Pemilik Akun Ungkap Hikmah Luar Biasa

Baca: Fakta Rosadi Bocah Penjual Cendol Yang Viral! Kendati Bukan Warga Pontianak, Namun!

Baca: Bocah Penjual Es Cendol Ini Mendadak Viral, Kisahnya Bikin Salut!

Berkembang kepercayaan populer dalam masyarakat Indonesia bahwa istilah "cendol" mungkin sekali berasal dari kata "jendol", yang ditemukan dalam bahasa Sunda, Jawa, dan Indonesia; hal ini merujuk sensasi jendolan yang dirasakan ketika butiran cendol melalui mulut kala meminum es cendol.

Tepung beras diolah dengan diberi pewarna hijau dan dicetak melalui saringan khusus, sehingga berbentuk buliran.

Pewarna yang digunakan awalnya adalah pewarna alami dari daun pandan, namun saat ini telah digunakan pewarna makanan buatan.

Di Sunda, cendol dibuat dengan cara mengayak kukusan tepung beras yang diwarnai dengan daun sujidengan ayakan sehingga diperoleh bentuk bulat lonjong yang lancip di ujungnya.

Posisi ke 9

Let's block ads! (Why?)

http://pontianak.tribunnews.com/2018/12/10/es-jendol-viral-minuman-khas-sunda-indonesia-ini-masuk-50-makanan-penutup-wakili-singapura

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Es Jendol Viral! Minuman Khas Sunda Indonesia Ini Masuk 50 Makanan Penutup Wakili Singapura - Tribun Pontianak"

Post a Comment

Powered by Blogger.