Search

Bir Jawa, Minuman Penghangat dari Rempah-Rempah Indonesia

Pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 8 ribu per gelas.

REPUBLIKA.CO.ID, Indonesia tidak hanya kaya akan sumber daya alam (SDA), tapi ternyata makanan dan minumannya juga mengalami hal serupa. Di Festival Lawang Kota Tua (FLKT), terdapat minuman yang namanya saja sudah menarik banyak pengunjung ke tenda milik Arief Puji Prasetyo ini.

Bir Jawa, itu namanya. Bagi pecinta minuman tradisional, mungkin bukan suatu hal baru untuk dinikmati. Namun bagi generasi muda, minuman ini terbilang unik terutama dari segi namanya. Meski bir, tapi minuman berbahan dari rempah-rempah Indonesia ini tidak memabukkan sama sekali.

Pemilik Kedai Lembusuro Lawang, Arief Puji Prasetyo menjelaskan, bir yang dijualnya terbuat dari rempah-rempah yang dapat ditemui di Kabupaten Malang dan sekitarnya. Jahe emprit, kayu secang, kapulaga, dan daun sereh. Seluruh bahan tersebut direbus secara bersamaan lalu dituang dan disaring untuk diambil biangnya. 

"Hasilnya akan berwarna merah karena dari bahan kayu secang tadi itu," kata Arief saat ditemui wartawan di Pujasera Lawang, Kabupaten Malang, Jumat (28/9).

Untuk penyajiannya, Arief biasanya akan memadukan dengan sedikit perasan jeruk nipis agar tidak terlalu kecut. Kemudian seluruh bahan dikocok layaknya seorang barista di cafe-cafe mewah sampai terlihat buih-buihnya. Setelah itu, minuman dapat disajikan hangat maupun dengan es sesuai selera masing-masing. "Sensasi rasanya pasti hangat di tenggorokan karena ada jahe," ungkap dia.

Agar dapat menikmati bir ini, pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 8 ribu per gelas. Pembeli dapat mendatangi tenda Arief di FLKT Pujasera Lawang hingga Sabtu (29/9). Bisa juga mengunjungi kedainya secara langsung yang berada di Jalan Sutomo, Lawang, Kabupaten Malang. Dia juga memastikan minuman tradisional ini cocok untuk semua kalangan, terutama anak muda dan bapak-bapak.

Salah satu pengunjung Anggraini mengaku, belum pernah mencoba minuman bir Jawa sama sekali. Oleh karena itu, dia sempat meragu untuk mencicipinya karena khawatir tidak enak. Namun saat sudah meneguknya, rasa segar, asam dan manis bir justru membuatnya ketagihan.

Kelezatan bir Jawa juga diakui oleh pengunjung dari Kota Malang, Hartik. Selain enak, minuman ini juga dapat menghangatkan dan menyehatkan tubuh. "Apalagi, bir tersebut terbuat dari bahan-bahan rempah asli Indonesia," ucapnya.

Let's block ads! (Why?)

https://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/18/09/28/pfrdm6396-bir-jawa-minuman-penghangat-dari-rempahrempah-indonesia

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bir Jawa, Minuman Penghangat dari Rempah-Rempah Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.