Search

Makanan dan Minuman Kuasai Bisnis Waralaba Indonesia - Kompas.com - KOMPAS.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Sektor makanan dan minuman (food and beverage) masih mendominasi sektor bisnis waralaba di Indonesia. Hal ini sejalan dengan besarnya pasar dan basis konsumen di Tanah Air.

Selain itu, mudahnya berjualan makanan dan minuman juga menjadi faktor tumbuh dan berkembangnya waralaba tersebut.

“Penyumbang paling banyak dari food and beverage karena pasar Indonesia besar sekali dan luas. dan memang mungkin untuk orang jualan kopi dan jualan kue itu lebih simpel, jadi banyak,” kata Andrew Nugroho, Ketua Asosiasi Franchise Indonesia di Jakarta, Jumat (5/7/2019).

Andrew mengatakan, pertumbuhan waralaba sektor makanan dan minuman pada tahun lalu hanya sebesar 5 sampai 6 persen. Namun, pihaknya menargetkan pertumbuhan pada tahun 2019 akan mencapai 10 persen.

Baca juga: Perhatikan Ini Sebelum Mulai Bisnis Waralaba

"Untuk tahun 2019 year on year. Tahun lalu enggak sampai 10 persen, mungkin sekitar 5-6 persen. Rata - rata per tahun juga sekitar 5-6 persen,” kata dia.

Meskipun di tahun 2019 sektor food and beverage menjadi penopang sektor waralaba di Indonesia, namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan bagi sektor lain. Andrew menyebut antata lain jasa-jasa kursus, minuman, mini market dan lainnya bisa mendominasi juga.

Let's block ads! (Why?)

https://money.kompas.com/read/2019/07/05/140000226/makanan-dan-minuman-kuasai-bisnis-waralaba-indonesia

Bagikan Berita Ini

Related Posts :

0 Response to "Makanan dan Minuman Kuasai Bisnis Waralaba Indonesia - Kompas.com - KOMPAS.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.