Search

Minuman Sempurna untuk Detoksifikasi - Medcom ID

Jakarta: Semua orang pasti memiliki racun di dalam tubuhnya. Entah itu berasal dari internal tubuh maupun eksternal seperti makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari.

Jika sudah menumpuk dalam tubuh, racun bisa menyebabkan badan terserang berbagai penyakit. Mulai dari demam, nyeri otot hingga lelah berkepanjangan.

Umumnya, racun dalam tubuh bisa dinetralisir dan dimusnahkan lewat sistem imun yang kuat dan sistem gastrointestinal (GI). Ataupun disaring oleh hati dan ginjal yang berfungsi sebagai pencerna racun dalam darah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Namun tentu saja akan lebih baik jika kita tidak memasrahkan racun dalam tubuh dinetralisir oleh alat tubuh tadi. Sebab jika dipaksakan bekerja ekstra, justru akan membuat tubuh menjadi lesu dan mudah lelah. Untuk itu kita harus membantu dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman detoksifikasi. Lantas minuman apa saja yang baik dalam membantu membuang racun dalam tubuh?

Melansir Times of India, cara terbaik untuk membuang racun dalam tubuh dengan mongonsumsi jahe, lemon, dan kayu manis. Tidak perlu mengonsumsinya satu per satu, Anda disarankan untuk membuatnya menjadi satu ramuan siap santap.

Bukan hanya bermanfaat untuk detoksifikasi, menurut ahli gizi Anupama Menon, ramuan ini juga bisa mengurangi lemak pada tubuh. Sebabnya campuran jahe, lemon dan kayu manis merupakan bahan-bahan yang bersifat alkali.

"Sangat baik untuk kesehatan perut dan jantung. Ramuan ini juga membantu menghilangkan racun dan asam lemak yang memicu berat badan," katanya.

Lantas, bagaimana cara menyiapkan minuman? Mudah saja, Anda dijamin tak bakal kerepotan.

Cukup dengan merebus sekitar 1 liter air dengan menggunakan wajan. Lalu tambahkan sedikit irisan jahe ke dalam air mendidih dan kemudian tambahkan batang kayu manis ke dalamnya.

Biarkan ramuan ini dipanaskan hingga selama 15-20 menit. Lalu matikan pemanas hingga ramuan tadi mendingin.

Setelah dingin, tambahkan lemon atau jeruk nipis ke dalam ramuan tadi. Setelah itu ramuan sudah siap buat dikonsumsi untuk membantu tubuh menjadi lebih sehat dan buar.

Sebab, lemon dan jahe yang dicampur bersama membuat kombinasi yang kuat. Lemon, dengan ekstrak vitamin C tinggi dan sifat kaya antioksidan bisa mengurangi lemak dan meningkatkan tingkat resistensi insulin dalam tubuh.

Sementara jahe, di sisi lain, telah lama digunakan sebagai obat untuk obat-obatan. Tidak hanya itu, jahe juga baik untuk mengontrol kadar gula darah tubuh juga mengandung hormon kenyang yang mampu mengendalikan rasa lapar.

"Dengan sifat anti-inflamasi alami, itu meningkatkan tingkat metabolisme Anda dan membantu membakar kalori lebih cepat," ujarnya.

Adapun kayu manis memiliki kandungan penyembuh alami buat tubuh. Kayu manis juga terkenal dengan fungsinya hang bisa membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

"Ini membantu mengontrol kadar kolesterol LDL, yang juga dikenal sebagai kolesterol jahat dan memberi dorongan bagi metabolisme Anda," tandasnya.

(ELG)

Let's block ads! (Why?)

https://www.medcom.id/rona/kesehatan/4KZnQ2gK-minuman-sempurna-untuk-detoksifikasi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Minuman Sempurna untuk Detoksifikasi - Medcom ID"

Post a Comment

Powered by Blogger.