Search

Temuan Baru Minuman Probiotik yang Sehat untuk Usus, Ternyata ...

TRIBUNKALTIM.CO-- Terdengar aneh atau mungkin menjijikan, tapi temuan terbaru mengungkap kotoran bayi merupakan sumber potensial mikroba yang dapat berkontribusi pada pencernaan yang lebih sehat.

Para peneliti di Wake Forest School of Medicine telah mengembangkan minuman probiotik yang berasal dari galur bakteri usus yang ditemukan pada feses bayi.

Minuman probiotik ini dinilai dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproduksi asam lemak rantai pendek (SCFA).

"Asam lemak rantai adalah komponen kunci dari kesehatan usus yang baik," sebut Hariom Yadav, peneliti dari Wake Forest School of Medicine, dilansir Science Daily, Kamis (23/8/2018).

Bakteri untuk probiaotik
Bakteri untuk probiaotik (tribunbogor.com)

"Orang dengan diabetes, obesitas, gangguan autoimun, dan kanker umumnya memiliki lebih sedikit asam lemak rantai pendek.

Meningkatkan asam lemak ini dapat membantu dalam mempertahankan atau bahkan memulihkan lingkungan usus yang normal dan semoga juga meningkatkan kesehatan," tambahnya.

Tim peneliti pun merancang penelitian untuk menguji efek galur probiotik yang berasal dari sampel feses bayi yang sehat dan untuk menentukan bagaimana galur probiotik itu bekerja.

"Kotoran bayi dipilih lantaran bayi biasanya cukup sehat dan jelas tidak menderita penyakit yang berkaitan dengan usia, seperti diabetes dan kanker," jelas Yadav.

ilustrasi kesehatan pencernakan dari probiotik
ilustrasi kesehatan pencernakan dari probiotik (okeyDok.com)

Dalam penelitian tersebut, Yadav dan timnya mengumpulkan sampel fases dari popok 34 bayi sehat.

Kemudian mereka mengisolasi 10 galur bakteri, yang terdiri dari lima spesies bakteri Lactobacillus dan lima spesies Enterococcus.

Let's block ads! (Why?)

http://kaltim.tribunnews.com/2018/08/30/temuan-baru-minuman-probiotik-yang-sehat-untuk-usus-ternyata-bersumber-dari-feses-bayi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Temuan Baru Minuman Probiotik yang Sehat untuk Usus, Ternyata ..."

Post a Comment

Powered by Blogger.