Search

Minuman Kaleng Jadi Hal Wajib Saat Lebaran di Kepri

JawaPos.com - Perayaan lebaran di Indonesia umumnya diperingati dengan silaturahami dalam bentuk kegiatan saling mengunjungi. Baik itu antar tetanga, kerabat, dan keluarga. Dalam kegiatan ini, biasanya tuan rumah yang dikunjungi akan menyediakan beragam jenis panganan untuk disuguhkan kepada setiap tamu yang berkunjung.

Di Kepulauan Riau (Kepri) sendiri, minuman kaleng menjadi menu wajib pada kegiatan yang bagi masyarakat Jawa dikenal dengan istilah Syawalan. Minuman itu pun sangat mudah ditemukan dengan berbagai varian rasa, mulai dari minuman seperti cincau, sari kedelai, yang tidak memiliki gas, sampai minuman yang mengandung gas.

Karena memang, sudah menjadi kebiasan warga Batam menyediakan minuman kaleng ini. Selain itu, sudah menjadi salah satu komoditi yang memang dicari warga ketika menjelang lebaran. Bahkan Tunjangan Hari Raya (THR) dalam bentuk minuman kaleng ini menjadi hal biasa buat masyarakat Kepri.

THR dalam bentuk minuman kaleng tidak hanya diberikan oleh atasan kepada karyawannya, bahkan pejabat pemerintahan juga menjadikan minuman kaleng sebagai THR.

"Mereka (karyawan) kadang bertanya kalau kita belum berikan minuman kaleng. Memang harus ada walaupun setengah kis (12 kaleng)," kata Pirman, 38, warga Kelurahan Rempang Cate, yang memiliki usaha jual beli Ikan pada Sabtu (16/6).

Oleh karena itu, jangan heran kalau mendapati minuman kaleng selalu hadir dalam setiap momen berlebaran di Kepri. Mulai dari kegiatan silaturahmi, piknik ke kawasan wisata, acara syukuran dalam bentuk kenduri dan kegiatan lainnya selalu menyediakan minuman kaleng.

Kedekatan Kepri dengan Malaysia, mungkin menjadi satu alasan mengapa minuman kaleng yang umumnya buatan negara tetangga ini banyak beredar di wilayah Kepri.

(bbi/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/jpg-today/16/06/2018/minuman-kaleng-jadi-hal-wajib-saat-lebaran-di-kepri

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Minuman Kaleng Jadi Hal Wajib Saat Lebaran di Kepri"

Post a Comment

Powered by Blogger.