Search

Yuk, Kenali Makanan dan Minuman untuk Pencegahan Diabetes!

Menurut Healthline, Dr. Isaac Eliaz, kepala Amitabha Medical Clinic di California, Amerika Serikat menuturkan, “Jika Anda ingin mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2, perubahan pola makan harus menjadi bagian dari strategi, bersamaan dengan olahraga dan mengatur stres.”

Jenis makanan dan minuman yang harus dihindari adalah minuman yang menaikkan kadar gula darah dan memengaruhi asupan kebutuhan kalori harian. Berikut jenis makanan dan minuman yang dimaksud:

1. Makanan yang menyimpan lemak jenuh dan lemak trans

Makanan yang digoreng atau dipanggang mengandung lemak trans. Hindari konsumsi daging yang berlemak, mentega, keju, dan susu berlemak. Lemak jenuh dan lemak trans tidak sehat bagi tubuh karena meningkatkan kadar kolesterol dalam darah sehingga meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Lemak tersebut ada pada daging olahan yang memiliki kadar natrium dan nirites tinggi. Sementara daging merah mengandung zat besi tinggi yang dapat merusak sel penghasil insulin.

2. Makanan yang memiliki karbohidrat

Makanan dengan karbohidrat seperti tepung putih, gula putih, dan nasi, pada dasarnya adalah makanan yang dipisahkan serat, vitamin, dan mineral sehat di dalamnya. Jadi, makanan ini lebih dominan dengan kalori yang kadar gulanya tinggi.

3. Manisan buah kering

Manisan buah kering seperti kismis bisa menyebabkan gula darah naik dan tidak dapat mencegah rasa lapar. Ini berbeda dengan mengonsumsi buah segar secara langsung. Apalagi manisan buah kering sering ditambahkan dan gula, pengawet, dan pewarna tambahan agar rasanya bertahan lebih lama dan warnanya menarik.

4. Minuman energi

Jenis minuman ini menyimpan kafein dan kaya akan arbohidrat. Study menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman energi tidak hanya menaikkan kadar gula darah tapi juga bisa menyebabkan resistensi insulin, ini bisa meningkatkan risiko diabetes. Selain itu, terlalu banyak kafein bisa menyebabkan insomnia dan tekanan darah menjadi naik.

5. Minuman beralkohol

Alkohol sering dikaitkan dengan beberapa risiko penyakit, termasuk diabetes. Orang yang terkena diabetes bila mengonsumsi alkohol akan memperparah kondisinya dan meningkatkan risiko komplikasi diabetes. Sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa pria yang mengonsumsi alkohol memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.

6. Minuman bersoda

Minuman jenis ini berada di posisi teratas dalam daftar minuman yang harus dihindari. Minuman bersoda mengandung tambahan gula sehingga bisa menyebabkan bertambahnya berat badan dan kerusakan pada gigi. Ini bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes jika sering dikonsumsi.

7. Minuman yang dimaniskan dengan gula

Ada banyak minuman yang dimaniskan dengan gula seperti jus, teh, susu, kopi, atau soda. Meskipun sehat, tambahan gula pada minuman tersebut mengandung karbohidrat yang besar. Ini tentu akan memengaruhi gula darah dan meningkatkan risiko berat badan bertambah.

Sumber: helllosehat
Editor: Khoirunnisa'(SMK ISHTHIFAIYAH NAHDLIYAH KOTA PEKALONGAN)

Dilihat: 171

Let's block ads! (Why?)

http://radarpekalongan.co.id/24507/yuk-kenali-makanan-dan-minuman-untuk-pencegahan-diabetes/

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Yuk, Kenali Makanan dan Minuman untuk Pencegahan Diabetes!"

Post a Comment

Powered by Blogger.