Search

Dua Minuman Ini bikin Cepat Haus, Sebaiknya Dihindari saat Sahur - Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Makan sahur sangat penting bagi orang yang akan menjalankan ibadah puasa. Selain memenuhi kebutuhan gizi, pilihan makanan saat sahur akan menentukan kebugaran Anda selama 13-14 jam berpuasa. Anda dianjurkan mengonsumsi makanan lengkap, terdiri dari karbohidrat, potein, serat, dan lemak. Jangan lupa memenuhi kebutuhan cairan tubuh sebanyak dua liter atau delapan gelas.

Baca jugaPuasa : Jangan Minum Berlebih Saat Sahur, Tilik Penjelasan Ahli

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh tak harus dengan air putih, Anda bisa memilih minuman lain seperti susu dan jus buah. Tapi, sebaiknya hindari teh dan kopi dan minuman yang mengandung kafein. Meskipun sama-sama berupa cairan, minuman ini justru membuat Anda cepat haus.

Pakar gizi klinis dari aplikasi Halodoc, Jovita Amelia, mengatakan, teh dan kopi membuat cepat haus karena kedua minuman itu bersifat diuretik. “Diuretik itu menarik air. Jadi, ketika meminumnya kita akan lebih sering kencing. Ini membuat risiko dehidrasi lebih tinggi,” kata Jovita di Jakarta, Selasa, 30 April 2019.

Selain membuat cepat haus, teh manis juga membuat cepat lapar. Memang, teh manis memiliki kandungan energi yang tinggi karena ada gulanya. Tapi, energi dari gula cepat terserap sehingga akan membuat cepat lapar dan lemas.  

Baca juga4 Tips untuk Kamu yang Susah Bangun Sahur Tepat Waktu

Selain dua minuman ini, saat sahur Anda juga disarankan tidak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak garam dan gorengan untuk menghindari cepat haus. “Sama seperti teh, garam juga menarik air sehingga membuat cepat haus,” kata Jovita.

Let's block ads! (Why?)

https://gaya.tempo.co/read/1200804/dua-minuman-ini-bikin-cepat-haus-sebaiknya-dihindari-saat-sahur

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dua Minuman Ini bikin Cepat Haus, Sebaiknya Dihindari saat Sahur - Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.